Sabtu, 02 Januari 2010

Kreativas





Kreativas

Setiap orang memilikii sifat kreativitas dalam dirinya. Tergantung bagaimana mereka mengembangkannya. Kreativitas juga dapat dikatakan sebagai kemampuan untuk menciptakan atau berkreasi (olson). Kreativitas menghasilkan sesuatu yang bau baik gagasan objek dalam suatu bentuk baru atau susunan baru (Hurlock). Menurut Evan, kreativitas merupakan sesuatu yang baru, memandang subjek dari perspektif yang baru dan membentuk kombinasi yang baru dari dua atau lebih konse.

Terdapat Pola berpikir kreatif yang dituangkan dalam “IDEA” :
I: majinasi, D: ata, E: valuasi, A: ksi. Setiap individidu memiliki tingkat kreativitas yang berbeda-beda. Ciri-ciri individu yang kreati adalah bebas dalam berpikir. Seorang individu yang kreativif adalah seorang yang bebas mengungkapkan pikirannya serta pendapatnya, terbuka terhadap perubahan zaman dan penuh daya imajinasi, biasanya rasa ingin tahunya tinggi, ia selalu kritis terhadap sesuatu, menyukai pengalaman yanga baru. Orang yang kreatif biasanya menyukai perubahan dan sesuatu yang baru karena bagi mereka mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah dilakukan adalah suatu hal yang cukup menantang, Memiliki ercaya diri yang cukup Baik, Tidak mudah menerima, Berani mengambil resiko, Senang tugas majemuk dan tidak mudah bosan.

Tetapi tekadang bsnysk individu yang memiliki sifat kreativitas yang rendah, kreativitas yang endah disebabkan karena teralu menekankan pada cara berpikir konvergen( menganggap hanya satu jawaban yang tepat).selain itu kurangnya wawasan individu sehingga meneabkan cara berpikir kurang lentur. Untuk itu diarankan agar dapat meningkatkan kemampuan kreativias kita adalah dengan mebaca buku.

Pada pertemuan kali ini Pak Amril mengatakan bahwwa kreatifitas seseorang dipengaruhi oleh lingkungan, keyakinan, dan intelektual. Apabila seseorang merasa dirinya tidak kreatif maka ia bias mengakkibatkan seseorang benar-benar tidak kreatif.

Dalam setriap orang memiliki berbagai kecerdasan yang berbeda-beda.ada yang dinamakan kecerdasan fisik yang meliputi kelenturan tubuh, kecerdasan linguistic yang meliputi bahasa sebagai komunikasi pemikiran, mataematis, kecerdasan visual yang biasanya dimilkiki oleh arsitek, kecerdasan musical yang meliputi kecerdasan di bidang music, Natural, kecerdasan interpersonal dan intra personal yang berkaitan dengan iteraksi social dan mengoreksi diri.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kreativitas yaitu pertama dengan menjadi penjelajah pikiran,terbuka dengan gagasan yang terus menerus, yang kedua kembangkan pertanyaan, orang yang kreatif adalah orang yang kritis,orang yang suka bertanya mengenai berbagai hal yang dianggapnya menarik, ketiga kembangkan gagasan dengan sebanyak-banyaknya serta kembangkan cara baru untuk melakukan sesuatu keluar dari zona nyaman. Mau dan mampu untuk beradaptasi dalam segala kondisi.
Ada 10 cara agar kita dapat menjad kreatif yaitu ekspresikanlah kreativitas dalam pekerjaan dan kehidupan kita, terkadang memunculkan jiwa kekanak-kanakan juga dapat meningkatkan daya imajinasi kita, hilangkan pikiran logis, berani lakukan hal yang tidak biasa, charge pikiran ands, baca buku, karena dengan membaca buku kita bias melihat dunia, dengan buku kita dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kita, tuliskan segerera ide yang muncul, jika memiliki ide sebaiknya langsung dituangkan melalui suatu tulisan atau karya jangan ditunda-tunda karena dengan menundanya hanya akan menghambat kreativitas kita. Dan yan paling penting adalah percaya bahwa anda bisa mealukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar