Senin, 18 Januari 2010

Organisasi Kesiswaan

Pertemuan 14

Organisasi Kesiswaan

Dalam Sekolah tidak lepas dari yang namanya Organisasi kesiswaan, organisasi kesiswaan merupakan suatu wadah yang berguna untuk melatih kecerdasan social. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama dalam mencapai tujuan, di dalam organisasi. Organisasi jugaterdiri dari bermacam-macam orang yang berbeda suku, bangsa dan kepribadian. Untuk itulah dalam organisasi sangat dibutuhkan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain. Sehingga dapat melatih kecerdasan social kita.

Organisasi juga dapat dikatakan sebagai wadah dalam melatih kemampuannya sebagai pengikut maupun kemampan pemimpin. Dapat kita ketahui bahwa dalam berorganisasi terdiri dari berbagai karakter. Ada yang memiliki jiwa yang otoriter, pendiam, siswa yang aktif ada juga yang pasif. Untuk itu dalam organisasi juga dapat dijadikan salah satu wadah untuk melatih kemapuan kepemimpinan yang dimiliki oleh siswa, bagaimana untuk mengorganisasi orang-orang yang ada dalam tim dalam mencapai tujuan. Tetapi ada juga peserta didik yang pasif, yang mungkin organisasi hanya dijadikan sebagai wadah untuk menjadi pengikut. Tetapi untuk itulah dibutuhkan sikap yang bijaksana agar setiap anggota organisasi dapat berkomunikasi yang baik dalam kelompok tetapi juga saling menunjang kemampuan setiap anggota kelompoknya. Karena keberhasilan organisasi tidak terletak pada satu orang tetapi pada kelompok.

Selain itu Organisasi juga dapat melatih kemampuan bekerjasam secara tim, pendelegasian dan acuan job desk yang dapat melatih kemampuan siswa memahami etika. Dalam Oganisasi kita juga harus perduli dengan orang lain.

Job desk juga hrus disusun dengan kegiatan apa yang dilakukan . Indikato apa yang akan dicapai ,erupakan salah satu instrument pakah hal tersebut berhasil atau tidak dikembangkan.

Untuk itu kenalilah potensi yang anda miliki, dengan memahami konsep diri terdapat 2 sisi. Sisi positif dan negative. Di dalam diri kita tredapat dua sisi yang berbeda yaitu sisi positif dan negative. Ketika sisi positif kita, kita kembangkan maka sisi psitif itu sedikit demi sedikit akan luntur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar