Minggu, 03 Januari 2010

QUANTUM LEARNING


Pertemuan 9

QUANTUM LEARNING

Pada pertemuan kali ini Pak Amril membahas mengenai Quantum learning, hal yang sering kita dengar dalam kegiatan pembelajaran, mungkin bahkan ada diantara kita yang sudah pernah menerapkan metode Quantum Learning ini. Secara umum istilah quantum sering dikaitkan dengan ilmu fisika sebagai salah satu komponen dalam teori percepatan. Arti sebenarnya quantum learning adalah percepatan belajar yang diciptakan dalam kelas tertentu untuk mengefisiensikan aktivitas pembelajaran dikelas. Kerangka pemikiran pada quantum learning adalah sikap positiv yaitu menerapkan sikap positivisme kita terhadap setiap hal yang memiliki banyak paradigma dalam penerapannya.

motivasi yaitu memandang sesuatu sebagai hal yang dapat membangkitkan semangat kita; cara belajar, dengnan menerapkan cara belajar yang baik maka besar kemungkinannya untuk melaksanakan quantum learning dalam pembelajaran lingkungan belajar, ini merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran karena lingkungan amat dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pemikiran anak; baca cepat, dengan menerapkan baca cepat maka sudah jelas waktu yang diperlukan untuk membaca dapat terminimalisir tanpa harus mengurangi pemahaman kita tentang buku yang kita baca; catatan, catatan merupakan sebuah bukti nyata dari ilmu yang nantinya dapat kita lihat dan ulas kembali jika kita lupa dan memerlukan bukti nyata dari apa yang telah kita pelajari.

Ada berbagai macam kecerdasan yang kita miliki diantaranya ada kecerdasan linguistik, kecerdaan logika matematika, kecerdasan visual/spatial, kecerdasan kinestetik/ gerak/ sensor motorik, dan kecerdasan musikal. Masing-masing kecerdasan tersebut akan sangat bermanfaat untuk pengembangan pola pemikiran kita.

Situasi yang kondusif merupakan hal yang sangat diharapkan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran, penataan lingkungan belajar merupakan suatu hal yang sangat penting dan berdaya guna, bahwa lingkungan merupakan sebuah stimulus yang sangat penting dalam pembelajaran.

Ada beberapa komponen lingkungan yang harus di perhatikan, dari mulai yang bisa dilihat sampai ke lingkungan yang hanya bisa dirasakan yaitu ; perabotan, pencahayaan, musik, alat bantu visual, penempatan, temperatur, tanaman, kenyamanan, suasana hati.


Cara belajar yang baik adalah dengan menggabungkan dari menyerap informasi dengan mengatur informasi serta mengolah informasi, semua cara belajar tersebut sangatlah berkesinambungan oleh karena itu penting untuk diterapkan didalam kelas untuk sebuah metode pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar