Minggu, 18 Oktober 2009

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan

Resume Perkuliahan
(Pertemuan 1)

Paradigma Baru Manajemen Pendidikan

Dalam kuliah pertama mata kuliah Manajemen Peserta Didik yang diajar oleh Bapak Amril Muhammad beberapa waktu lalu, kami membahas mengenai “Paradigma baru Manajemen Pendidikan”.

Dalam pertemuan kali ini banyak sekali informasi yang kami dapat, megenai realita yang akan kita hadapi jika kita menjadi seorang manager pendidikan. Sehingga membuka mata saya bahwa menjadi seorang manager pendidikan tidaklah hal yang mudah karena selain dituntut memiliki pengetahuan yang baik seorang calon manager pendidikan juga harus mengetahui trend yang terjadi di masa kini dan masa yang akan datang.

Suatu system pendidikan dapat dikatakan bermutu jika proses belajar mengajarnya dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga materi ajar yang akan disampaikan dapat sesuai dengan tujuan dan target yang telah ditetapkan. Proses pendidikan yang bermutu akan menghasilkan lulusan yang bermutu dan relevan dengan pembangunan. Dan dalam menghasilkan Peserta didik yang bermutu tidak lepas dari bagaimana me-manage peserta didiknya.

Menurut saya Manajemen itu sendiri adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian / pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Sedangkan Manajemen Peserta Didik adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah yang bertujuan mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan teratur, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Di dalam paradigma baru ini, terdapat beberapa aspek yang perlu kita perhatikan.Yaitu adalah trend yang terjadi di masa kini dan yang akan terjadi di masa depan.


Trend-trend yang disebutkan dalam materi ini diantaranya adalah :
1. Kompetitif
2. Transparan
3. Spesialis
4. Profesionalisme
5. Dinamis
6. Adaptif

Keseluruhan dari trend-trend tersebut merupakan harapan masyarakat
kepada kita, khususnya, sebagai calon manajer pendidikan.Mungkin kita
sering ragu tentang pekerjaan kita di masa depan tetapi sesuai dengan
perkataan Pak Amril, Beliau mengatakan jika kita mengikuti trend_trend
tersebut maka pekerjaanlah yang akan mencari kita, bukan kita yang
mencari pekerjaan.







Selain itu ada beberapa tuntutan kompetensi SDM, yaitu :
1. Pengetahuan/Wawasan Global
a. Konseptual yang integratif dan Aplikatif
b. Orientasi pada solusi,inovasi dan kreatifitas
c. Nilai-Nilai universal (Lintas Budaya)
2. Keterampilan Global
a. Komunikasi Multi Budaya (setidaknya menguasai Bahasa Inggris, bahasa pergaulan internasional)
b. Pemanfaatan Teknologi informasi (mengerti bagaimana memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya demi kepentingan pengetahuan)
c. Pengembangan Intelectual+ Emotional+ Adversity Skill
(melatih diri agar seimbang di ketiga kecerdasan
tersebut)
3. Sikap / Perilaku
a. Dinamis &Flexible
b. Inisiatif & Proaktif
c. Inovatif & Kreatif
d. Mandir

Hal-hal tersebut yang bisa membuat kita untuk bersaing di era global. Karena hal-hal tersebut yang sangat perlu diperhatikan jika kita berada di dunia pekerjaan.

Beliau juga mengatakan bahwa “ Proses memang penting tetapi hasil lebih penting”. Karena tanpa hasil yang baik proes jadi kurang diperhatikan.Untuk itu dengan hasil memang yang terpenting tetapi proses juga tidak boleh diabaikan.

Sebelum saya mengambil mata kuliah MPD ini dengan dosen Pak Amril, saya sempat ragu karena banyak yang mengatakan bahwa mata kuliah ini sangat ditakuti oleh anak-anak manajemen pendidikan yang lain. Tetapi saya mengambil keputusan ” Jangan mundur sebelum berperang”. Setelah mengikuti mata kuliah pertemuan pertama ini ternyata banyak sekali wawasan pengetahuan yang saya dapat. Mengenai kehidupan, pembelajaran dan pengembangan diri. Semoga ilmu pengetahuan yang didapat dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar