Minggu, 18 Oktober 2009

Resume Perkuliahan
(Pertemuan 2)


Perencanaan Kesiswaan

Untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen pendidikan yang dapat memobilisasi segala sumber daya pendidikan. Manajemen pendidikan itu terkait dengan manajemen peserta didik yang isinya merupakan Perencanaan. Dalam sesuatu hal yang kita lakukan membutuhkan perencanaan. Demikian dalam manajemen pendidikan. Sesuatu tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada Perencanaan. Untuk itu Perencanaan sangat dibutuhkan sebelum kita melakukan tindakan.

Menurut saya Perencanaan adalah sesuatu yang akan dilakukan di masa yang akan dating.sedangkan Perencanaan dalam peserta didik adalah penentuan urutan tindakan yang harus dilakukan dalam memprakirakan segala aspek pendidikan baik biaya, pengelolaan waktu yang berguna untuk mengelola peserta didik berdasarkan data dengan memperhatikan priotas yang wajar bersifat efisien untuk mencapai tujuan pendidikan.

Untuk membuat perencanaan yang baik kita juga harus mengetahui tidak hanya bagian internalnya tetapi juga bagian eksternalnya.

Sesuai dengan materi yang disampaikan bahwa ada dua aspek (faktor internal dan eksternal) yang pelu diperhatikan dalam Perencanaan yaitu :
Faktor Eksternal
1. Industry and market
2. Competitor
3. Political and Regulatory
4. Social
5. Human Resources
6. Macroecomic
7. Technological

Faktor Intetrnal
1. Strategi
2. Kebijakan
3. Program
4. Prosedur
5. Metode
6. Sistem
7. Anggaran
8. Standar yang dibutuhkan


Hal-hal tersebut yang sangat penting diperhatikan dalam membuat perencanaan. Karena Perencanaan yang baik harus melihat dari berbagai aspek internal dan eksternal.

Pada Pertemuan ini Pak Amril mengatakan bahwa “Mengapa dibutuhkan perencanaan?”
Beliau mengatakan bahwa perencanaan berguna untuk menentukan :
1. Arah dan Tujuan
2. Apa yang mesti dikerjakan
3. Kapan dikerjakan
4. Bagaimana cara untuk mengerjakan dan siapa yang akan mengerjakannya.

Dengan demikian sebelum kita merencanakan sesuatu kita harus sudah mengetahui hal-hal apa yang harus kita lakukan sebelumnya, Beliau juga mengatakan bahwa mengapa dibutuhkan perencanaan dalam pendidikan. Karena agar kita mengetahui “Prioritas” mana yang harus didahulukan . Sehingga dalam membuat perencanaan kita dapat menyusun hal-hal yang menjadi prioritas utama. Agar pencapaian tujuan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar