Minggu, 03 Januari 2010

Kecerdasan Emosional





Pertemuan 11
Kecerdasan Emosional


Pada pertemuan kali ini Pak Amril menjelaskan mengenai Kecerdasan Emosional. Emosi sering kali dianggap sebagai sesuatu yang negative sehingga sering muncul ungkapan tentang orang-orang yang emosional, jika terlihat ada orang yang suka marah /situasi yang cepat sekali berubah.

Dalam pola piker konvensional emosi sering kali dianggap sebagai enghambat dalam emosi manusia.Emosi adalah hal yang dimiliki setiap manusia, tinggi rendahnya emosi seseorang tersebut tergantung bagaimana ia dapat mengontrol kecerdasan emosionalnya sendiri. Emosi sendiri adalah sesuatu yang menggambarkan perilaku respon, psikologis, mengatur perasaan yang timbul karena adanya keinginan atau stimulus yang tidak terduga.

Di dalam kecerdasan Emosional terdapat EQ yang berhubungan denagn kemampuan untuk mengendalikan diri memiliki semangat dan ketekuann tinggi sehingga mampu untuk memotivasi dirinya sendiri dalam mengerjakan sesuatu dan mampu berinteraksi dengan baik dengan orang lain.

Dimensi EQ terdiri dari kecakapan pribadi dan kecakapan social. Kecakapan pribadi berhubungan kemampuan megelola diri sendiri,kecakapan social berhubungan dengan kemampuan dalam melakukan hubungan dengan orang lain.

Tidak hanya EQ saja yang termasuk dalam kecerdasan emosional, kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, dan keterampilan social. Tanpa disadari di dalam diri kita terdapat yang namanya Keasadaran diri yang berhubungan dengan mengetahui kondisi diri sendiri,ketakutan, sumberdaya dan intuisi.Didalam kesadaran diri terdiri dari tiga hal yaitu kesadaran emosi berguna untuk mengenali diri sendiri dan efeknya, kedua penilaian diri sendiri secara teliti yang berguna untuk mengetahui kekuatan dan keterbatasan diri. Penilaian diri sendiri sangat penting dalam diri kita karena dengan hal ini kita dapat mengevaluasi sifat karakter kita yang kurang baik sehingga kita bisa mengintropeksi karakter kita untuk menjadi lebih baik lagi.Dan yang terakhir adalah percaya diri salah satu hal yang tidak kalah pentingny. Percaya diri berhubungan dengan kemampuan dan keyakinan tehadap diri sendiri. Percaya diri sangat penting karena dengan adanya rasa percaya diri dapat memotivasi kita untuk melakukan berbagai hal, dan optimis dalam melakukan sesuatu.

Selain itu terdapat pula pengaturan diri, dan motivasi diri. Motivasi diri terdiri dari yang pertama dorongan prestasi, yang harus kita kembangkan agar dapat meningkatkan kompetensi kita. Yang kedua adalah komitmen, komitmen merupakan hal yang sangat penting Karena keberhasilan sesorang tergantung pada komitmen orang tersebut. Dengan komitmen kita dapat focus untuk menggapai sesuatu tanpa tergoyahkan. Untuk itu penting dari kita untuk mempunyai komitmen di dalam hidup ini.yang ketiga adalah inisiatif yang merupakan salah satu bentuk kreativitas, suatu tindakan /dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu anpa diperintah, yang terakhir adalah Optimisme, menurut saya sikap optimisme sangat penting ditanamkan dalam hati kita, karena denga sikap yang optimis dan tidak mudah menyerah akan membuat kita tetap dapat bertahan dalam segala kondisi baik. Tetap focus dengan berpikiran positif, percaya bahwa kita pasti bisa untuk melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar