Senin, 18 Januari 2010

Layanan Pendidikan ABK dan siswa CIBI (Progam Inklusi dan Aksel ).





Pertemuan 16
Layanan Pendidikan ABK dan siswa CIBI (Progam Inklusi dan Aksel ).

Berbicara mengenai Gifted , Seseorang dapat dikatakan Gifted (Anak Cerdas dan Berbakat) apabila ia memiliki, kapasitas tingkat ketertarikan yang tinggi, antusiasme, ketertarikan, dan keterlibatan dalam masalah tertentu, percaya diri. Ego yang kuat dan keyakinan diri sendiri serta kemampuan seseorang untuk melaksanakan pekerjaan yang cukup penting, kebebasan dari perasaan rendah diri, serta dorongan yang kuat untuk mencapai sesuatu.

Gifted terdiri dari 3 Irisan : yang pertama yaitu Creativitas tinggi, seorang anak berbakat memiliki kemampuan kreativitas diatas rata-rata melebihi anak-anak biasanya. Ia memiliki daya tanggkap yang cepat, biasanya anak-anak gifted suka menganalisis sesuatu, menanyakan apa saja yang menurutnya menarik dan berani mengungkapkan pendapatnya.

Gifted juga memiliki General Performance area yang memilki Keunggulan dalam bidang fisika, science, hukum, agama, musik, bahasa seni, Astrologi, dll.

Adapun salah satu cirri Anak gifted yaitu memiliki skala komitmen tinggi, tanggung jawab dan ulet (tidak mudah menyerah), Mandiri dan bertanggung jawab, Menetapkan tujuan aspirasi yang realistis, anak gifted biasanya memiliki sikap suka belajar, mempunyai orientasi tugas yang tinggi, serta memiliki konsentrasi yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar